EKSTERNAL PROTECTION

Eksternal Protection Penangkal Petir adalah sebuah system perlindungan terhadap bangunan terhadap bahaya sambaran petir yang dimungkinkan menyambar dan mengenai bangunan secara langsung .
Penangkal petir eksternal ini merupakan perlindungan utama untuk sebuah bangunan sehingga perlindungan ini dapat mengurangi tingkat resiko terjadinya kerusakan bangunan , elektronik sampai pada resiko korban jiwa atau orang orang yang berada di sekitarnya .
Ada berbagai jenis penangkal petir external
  • Penangkal Petir Elektrostatik atau Membran Sistem atau biasa disebut Penangkal Petir Aktif atau istilah umumnya penangkal petir modern
  • Penangkal Petir Faraday atau Franklin atau biasa di istilahkan Penangkal Petir Pasif atau istilah umumnya penangkal petir konvensional
  • Penangkal petir radio aktif


ELEKTROSTATIS (RADIUS)

Untuk penangkal petir elektrostatis jenis ini akan memiliki radius perlindungan yang lebih besar dan berbentuk seperti Payung, kemampuan radius ini di hasilkan dari penyerapan energi yang disebabkan oleh awan hujan oleh unit ini. Kedua jenis penangkal petir tersebut bisa di pasang dan diaplikasikan dimana saja, tergantung dari kebutuhan dari sebuah bangunan dan tergantung keefektifannya.

Untuk bangunan dengan area yang tidak begitu luas/sempit (rumah tinggal) pemasangan penangkal petir konvensional sistem Faraday atau franklin cone (jalur tunggal) sudah memadai tetapi untuk bangunan yang mempunyai area yang cukup luas misalnya seperti gedung pada kawasan industri, daerah perkebunan, padang Golf. pemasangan jenis Elektrostatik  system sangatlah ideal dan cocok untuk bangunan seperti ini.

Jadi external protection merupakan perangkat instalasi yang terpasang diatas bangunan berguna untuk melindungi sambaran petir, jiwa dan meminimalisir kerusakan eletronik yang kiranya langsung mengenai bangunan.
Prinsip kerja penangkal petir elektrostatik mengadopsi sebagian system penangkal petir Radioaktif, yakni menambah muatan pada ujung finial / splitzer agar petir selalu memilih ujung ini untuk disambar.

Perbedaan dari sistem Radioaktif dan Elektrostatik ada pada energi yang dipakai. Untuk penangkal petir Radioaktif muatan listrik dihasilkan dari proses hamburan zat beradiasi sedangkan pada penangkal petir Elektrostatik energi listrik dihasilkan dari Listrik Awan yang menginduksi permukaan bumi.


KONVENSIONAL SISTEM FARADAY/PASIF


PENANGKAL PETIR Konvensional sistem Faraday adalah rangkaian jalur elektris dari bagian atas bangunan menuju sisi bawah/ grounding dengan banyak jalur penurunan kabel penghantar petir. Sehingga menghasilkan selubung  jalur konduktor yang menyerupai sebuah sangkar yang melindungi bangunan dari semua sisi kemungkinan sambaran, tentu pemasangan kabel penghantar berada disisi luar bangunan dan diletakkan disisi sudut-sudut bangunan.

Untuk bangunan dengan struktur logam tinggi, pemanfaatan struktur logam bangunan sebagai penghantar bisa dilakukan, misalnya :
- Rangka baja (H-Beam / I-WF)                - Frame Alumunium
- Pertulangan Beton                                    - Atap dan dinding zing

Struktur logam penyusun bangunan ini difungsikan ganda selain sebagai kekuatan bangunan juga berfungsi sebagai PENANGKAL PETIR. Terasa sedikit aneh pemikiran ini bagi anda! Sebagai gambarannya kita umpamakan bila kita berada disebuah Goa dengan aktifitas penuh dengan seluruh kegiatan menggunakan perangkat elektronik sensitif.

Maka posisi kita akan aman dari seluruh fenomena alam Petir, sebab seluruh energi petir bisa di tahan oleh gundukan goa dan jangan lupa goa ini adalah bagian dari bumi ( tanah dan batu ) sehingga saat ada energi listrik yang mengenainya maka energi tersebut ternetralisir.

Dengan berbagai syarat dan ketentuan
a. Setiap bagian yang mengarah ke bagian bawah / tanah di sambung ke unit grounding.
b. Tidak menjadikan struktur bangunan sebagai penghantar Listrik ( Neutral atau Ground ).


PENANGKAL PETIR KONVENSIONAL FRANKLIN CONE / JALUR TUNGGAL


Franklin adalah rangkaian jalur konduktor dari atas bangunan ke sisi bawah/grounding dengan jalur kabel Tunggal (satu buah kabel penurunan). dengan dasar pemikiran bahwa petir akan condong menyambar dari sisi atas, sehingga penghematan material bahan bisa dilakukan.

Jadi bisa disimpulkan bahwa PENANGKAL PETIR rumah atas sifat perlindungan area yang kecil maka cukuplah menggunakan ujung runcing konvensional biasa, walaupun bisa pula menggunakan PENANGKAL PETIR elektrostatik .Dari kedua sistem Penyalur Petir konvensional yang ada, tentunya pertimbangan keamanan, biaya terjangkau menjadi Acuan utama untuk memilih dan memakai sistem proteksi yang sesuai untuk bangunan rumah.

PENANGKAL PETIR RADIO AKTIF


Penelitian terus berkembang dan dihasilkan kesimpulan bahwa petir terjadi karena ada muatan listrik di awan dihasilkan oleh proses ionisasi , maka penggagalan proses ionisasi di lakukan dengan cara memakai Zat beradiasi misl. Radiun 226 dan Ameresium 241, karena 2 bahan ini mampu menghamburkan ion radiasinya yang bisa menetralkan muatan listrik awan.

Sedang manfaat lain adalah hamburan ion radiasi akan menambah muatan pada Ujung Finial / Splitzer dan bila mana awan yang bermuatan besar tidak mampu di netralkan oleh zat radiasi kemudian menyambar, maka akan condong mengenai unit radiasi ini .

Keberadaan penangkal petir jenis ini sudah dilarang pemakaiannya, berdasarkan kesepakatan internasional dengan pertimbangan mengurangi pemakaian zat beradiasi dimasyarakat yang disinyalir mempunyai efek negatif pada lingkungan hidup dan kesehatan.


@antariksaglobalindo